Minggu, 26 Maret 2023

MAKALAH MANAJEMEN STRATEJIK STRATEGY FORMULATION:CORPORATE STRATEGY

 

STRATEGY FORMULATION:CORPORATE STRATEGY

 

MAKALAH

 

Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Manajemen Stratejik

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonimi Dan Bisnis

Universitas Siliwangi Tasikmalaya

 

KELOMPOK 7

 

 

 

 

PROGRAM  STUDI  AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS SILIWANGI

2020


KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur penulis  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Di dalam makalah yang berjudul “Strategy Formulation:Corporate Strategy” ini akan membahas mengenai berbagai laporan keuangan dalam perusahaan.

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Dr.Dedi Rudiana.,S.E.,M.P.. yang telah mengarahkan penulis dalam penyusunan makalah melalui penyampaian materi tentang manajemen stratejik.

Dalam penyusunan makalah ini tak luput dari kesalahan, untuk itu penulis mohon maaf atas kesalahan dalam penyusunan makalah ini dan demi menghasilkan makalah yang lebih baik, penulis mengharapakan kritik dan saran dari para pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dalam mempelajari materi manajemen stratejik.

 

 

 

Tasikmalaya, 29 September 2020                                                                  Penulis


 

DAFTAR ISI

 

DAFTAR ISI. ii

BAB I. 1

PENDAHULUAN.. 1

A.         Latar Belakang. 1

B.         Rumusan Masalah. 2

C.         Tujuan. 2

D.         Kegunaan makalah. 3

E.          Prosedur makalah. 3

BAB II. 2

PEMBAHASAN.. 2

A.         Kajian Teoritis. 2

B.         Pembahasan. 3

1.          Strategi Perusahaan. 3

2.          Strategi Terarah. 3

3.          Analisis Portfolio. 6

4.          Strategi Parenting. 7

5.          Memasuki Negara Asing. 8

BAB III. 6

PENUTUP. 6

1.     Simpulan. 6

2.     Saran. 6

 


BAB I

PENDAHULUAN

 

A.                Latar Belakang

Perubahan zaman yang cukup pesat menuju arah digitalisasi menekan seorang akuntan untuk lebih terampil dalam penggunaan dan pemanfaatan informasi ekonomi dan bisnis. Seorang akuntan juga dituntut mengerti Sistem Informasi Akuntansi guna menunjang hal tersebut. Salah satu hal yang mempengaruhi perancangan Sistem Informasi Akuntansi ialah strategi bisnis yang dijalakan perusahaan (Proweb Ultima ERP, 2018), sehingga akuntan dapat memberikan saran dan solusi dalam pemecahan masalah yang dihadapi perusahaan tersebut. Lebih lanjut, akuntan diharap dapat mengerti bagaimana strategi perusahaan secara keseluruhan guna meningkatkan pengetahuan serta menjadi solusi alternative dikala perusahaan mengalami masalah yang sulit dipecahkan.

   Strategi perusahaan merupakan strategi yang menetapkan tujuan, metode, alternatif, alokasi sumberdaya dalam mengukur keberhasilan perusahaan (KBBI,----). Sedangkan strategi sendiri merupakan rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus (KBBI,----). Sehingga secara singkat, strategi perusahaan merupakan rencana yang meliputi tujuan metode, alternative, alokasi sumberdaya guna mengukur keberhasilan perusahaan.

   Secara garis besar, strategi perusahaan berkaitan dengan tiga aspek, yaitu strategi terarah, analisis portofolio dan strategi parenting. Ketiga aspek ini merupakan merupakan penunjang perusahaan dalam menjalankan perusahaannya. Ketiga aspek tersebut berhubungan langsung dengan  orientasi keseluruhan perusahaan terhadap pertumbuhan, stabilitas, atau penghematan; Industri atau pasar tempat perusahaan bersaing melalui produk dan bisnisnya


unit; Cara manajemen mengoordinasikan kegiatan dan mentransfer sumber daya dan budaya meningkatkan kemampuan di antara lini produk dan unit bisnis. Oleh karena itu, penting bagi seorang akuntan mempelajari strategi perusahaan.

B.                 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan rumusan makalah sebagai berikut.    

1.    Apa saja aspek strategi perusahaan?

2.    Bagaimana arah strategi pertumbuhan, stabilitas dan penguatan?

3.    Apa saja perbedaan antara pertumbuhan vertical dan horizontal serta konsentris dan konglomerat diversifikasi?

4.    Bagaimana identifikasi pilihan strategis untuk memasuki Negara asing?

5.    Bagaimana menerapkan analisis portfolio untuk memandu keputusan di perusahaan?

6.    Bagaimana membuat strategi parenting?

C.                Tujuan

Sejalan dengan rumusan masalah di atas, makalah ini disusun dengan tujuan untuk:

1.    Memahami aspek strategi perusahaan.

2.    Memahami bagaimana arah strategi, stabilitas dan penguatan.

3.    Memahami perbedaan antara pertumbuhan vertical dan horizontal serta konsentris dan konglomerat diversifikasi.

4.    Memahami bagaimana identifikasi pilihan strategis untuk memasuki Negara asing.

5.    Memahami bagaimana menerapkan analisis portfolio untuk memandu keputusan di perusahaan.

6.    Memhami bagaimana membuat strategi parenting.

D.                Kegunaan makalah

Makalah ini disusun dengan harapan memberikan kegunaan baik secara teoritis maupun secara praktis. Secara teoritis makalah ini berguna sebagai pengembangan konsep dalam laporan keuangan. Secara praktis makalah ini diharapkan bermanfaat bagi:

1. Penulis, sebagai wahana penambah pengetahuan dan konsep keilmuan khususnya tentang perilaku individu dan pengaruh terhadap organisasi.

2. Pembaca, sebagai media informasi tentang perilaku individu dan pengaruh terhadap organisasi baik secara teoritis maupun secara praktis.

E.                 Prosedur makalah

Makalah ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Melalui metode ini penulis akan menguraikan permasalahan yang dibahas secara jelas dan komprehensif. Data teoritis dalam makalah ini dikumpulkan dengan menggunakan studi pustaka, artinya penulis mengambil data melalui kegiatan membaca berbagai literatur yang relevan dengan tema makalah. Data tersebut diolah dengan teknik analisis isi melalui kegiatan mengeksposisikan data serta mengaplikasikan data tersebut dalam konteks tema makalah


BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Kajian Teoritis

Menurut Kuncoro (2005: 1-2),  strategi merupakan penentuan kerangka kerja dari aktivitas bisnis perusahaan dan memberikan pedoman untuk mengordinasikan aktivitas sehingga perusahaan dapat menyesuaikan dan mempengaruhi lingkungan yang selalu berubah.

Dalam catatan Hax dan Majluf (1984), Andrew (1980) mengartikan strategi korporasi sebagai pola keputusan dalam sebuah perusahaan dalam menentukan dan menjelaskan sasaran, maksud (purpose), atau keinginan (goals), menghasilkan kebijakan-kebijakan atau rencana mendasar untuk  Mencapai tujuan tersebut, dan menentukan batas-batas bisnis (bisnis rentang) yang ingin diperoleh perusahaan, rancangan organisasi sumber daya manusia dan ekonomi yang dibutuhkan, dan sifat dasar kontribusi ekonomi dan non-ekonomi yang direncanakan bagi pemegang saham, karyawan, pelanggan dan pelanggan  komunitas.

Cravens dan Piercy (2006) juga mengartikan korporasi strategi sebagai keputusan-keputusan yang dibuat oleh manajemen puncak dan terdiri dari penentuan cakupan dan tujuan bisnis, sasaran-sasarannya, dan inisiatif- inisiatif serta sumber-sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran-sasaran.

Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa strategi korporasi adalah suatu keputusan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menentukan sasaran, tujuan serta maksud dari dijalankannya kegiatan tersebut, dengan sumberdaya yang dimiliki untuk mengatasi keadaan yang terjadi baik di dalam maupun di luar perusahaan, agar tercapainya tujuan dari perusahaan itu sendiri.


B.     Pembahasan

1.      Strategi Perusahaan

Strategi perusahaan berkaitan dengan tiga masalah utama yang dihadapi perusahaan secara keseluruhan yaitu:

a.       Orientasi keseluruhan perusahaan terhadap pertumbuhan, stabilitas, atau penghematan (strategi terarah).

b.      Industri atau pasar tempat perusahaan bersaing melalui produk dan bisnisnya unit (analisis portofolio).

c.       Cara manajemen mengoordinasikan kegiatan dan mentransfer sumber daya dan budaya meningkatkan kemampuan di antara lini produk dan unit bisnis (strategi parenting).

2.      Strategi Terarah

Orientasi keseluruhan perusahaan terhadap pertumbuhan, stabilitas, atau penghematan.

Strategi Pertumbuhan, Sejauh ini, strategi pengarahan perusahaan yang paling banyak dikejar adalah yang dirancang untuk dicapai pertumbuhan dalam penjualan, aset, keuntungan, atau kombinasi lainnya. Perusahaan yang melakukan bisnis dalam perluasanindustri harus tumbuh untuk bertahan hidup. Pertumbuhan yang berkelanjutan berarti meningkatkan penjualan dan peluang untuk memanfaatkan kurva pengalaman guna mengurangi biaya per unit produk yang dijual, dengan demikian meningkatkan keuntungan. Pengurangan biaya ini menjadi sangat penting jika perusahaan industri mencoba tumbuh dengan cepat atau konsolidasi dan jika pesaing terlibat dalam perang harga.

Pertumbuhan adalah strategi yang sangat menarik karena dua alasan utama: { Pertumbuhan berdasarkan permintaan pasar yang meningkat dapat menutupi kekurangan dalam perusahaan — kekurangan itu akan segera terlihat dalam pasar yang stabil atau menurun. Aliran pendapatan yang tumbuh menjadi perusahaan yang sangat leverage dapat menciptakan sejumlah besar organisasi kendur (tidak sumber daya yang digunakan) yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dan konflik antara partisi dan divisi. Pertumbuhan juga memberikan bantalan besar untuk perubahan haluan jika a kesalahan strategis dibuat. Perusahaan yang lebih besar juga memiliki daya tawar yang lebih besar daripada perusahaan kecil dan lebih mungkin mendapatkan dukungan dari pemangku kepentingan utama jika terjadi kesulitan. { Perusahaan yang berkembang menawarkan lebih banyak kesempatan untuk kemajuan, promosi, dan menarik pekerjaan. Pertumbuhan itu sendiri menarik dan meningkatkan ego para CEO. Pasar dan potensi investor tial cenderung melihat perusahaan yang sedang tumbuh sebagai "pemenang" atau "bergerak". Jalankankompensasi utive cenderung menjadi lebih besar seiring dengan bertambahnya ukuran organisasi. Perusahaan besar juga lebih sulit diperoleh daripada yang lebih kecil; demikianlah pekerjaan seorang eksekutif secara luas perusahaan lebih aman. Dua strategi pertumbuhan dasar adalah konsentrasi pada lini produk saat ini menjadi satu industri dan diversifikasi ke lini produk lain di industri lain.


yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dan konflik antara partisi dan divisi. Pertumbuhan juga memberikan bantalan besar untuk perubahan haluan jika kesalahan strategis dibuat. Terdapat 2 strategi yaitu:

1)      Konsentrasi, jika lini produk perusahaan saat ini memiliki potensi pertumbuhan yang nyata, konsentrasi pada lini produk tersebut masuk akal sebagai strategi cenderung demikian pilih strategi ini sebelum mereka melakukan diversifikasi

a)      Pertumbuhan vertical, Pertumbuhan vertikal adalah strategi logis untuk korporasi atau unit bisnis dengan posisi petitif dalam industri yang sangat menarik — terutama ketika teknologi dapat diprediksi dan pasar tumbuh. Untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan posisi kompetitifnya, perusahaan dapat menggunakan integrasi ke belakang untuk meminimalkan biaya perolehan sumber daya dan operasi yang tidak efisien juga sebagai integrasi ke depan untuk mendapatkan kontrol lebih besar atas distribusi produk. Perusahaan, pada dasarnya, membangun pada kompetensinya yang khas dengan memperluas sepanjang rantai nilai industri untuk mendapatkan yang lebih besar keunggulan kompetitif. Meskipun integrasi mundur seringkali lebih menguntungkan daripada integrasi maju (karena margin rendah tipikal dalam ritel), ini dapat mengurangi fleksibilitas strategis perusahaan. Rebeban berat dari aset mahal yang mungkin sulit dijual dapat menciptakan penghalang keluar, mencegah korporasi meninggalkan industri tersebut. Contoh aset sekali pakai adalah blast furnace dan tempat pembuatan bir. Ketika permintaan turun di salah satu industri ini (baja atau bir), aset ini tidak memiliki penggunaan alternatif, tetapi terus membutuhkan biaya dalam hal pembayaran hutangments, pajak properti, dan biaya keamanan.

Mengapa perusahaan menggunakan verpertumbuhan secara permanen memiliki pemasok atau distributor ketika mereka bisa membeli diitem dividual saat dibutuhkan di pasar terbuka? Transacekonomi biaya tion adalah cabang dari ekonomi kelembagaan yang mencoba menjawab pertanyaan ini.

Eko biaya transaksi nomics mengusulkan bahwa memiliki sumber daya melalui vertikal pertumbuhan lebih efisien daripada mengontrak barang dan layanan di pasar saat biaya transaksi membeli barang di pasar terbuka menjadi terlalu besar. Transbiaya tindakan meliputi biaya dasar penyusunan, negosiasi, dan juga menjaga kesepakatan pasar (kontrak) sebagai biaya manajerial kemudian ketika kesepakatan dibuating masalah (barang tidak dikirim tepat waktu atau itu lebih rendah dari yang dibutuhkan), biaya negosiasi ulang (misalnya, biaya rapat dan panggilan telepon), dan biaya penyelesaian putes (misalnya, biaya pengacara dan biaya pengadilan).

Menurut Williamson, tiga syarat harus dipenuhi sebelum perusahaan lebih suka menginternalisasi vertikal transaksi melalui kepemilikan atas kontrak untuk transaksi di pasar: (1) tingkat ketidakpastian yang tinggi Ketidakpastian harus mengelilingi transaksi, (2) aset yang terlibat di dalamnya transaksi harus sangat dikhususkan untuk transaksi tion, dan (3) transaksi harus sering terjadi. Jika ada adalah tingkat ketidakpastian yang tinggi, tidak mungkin untuk menulis kontrak yang mencakup semua kemungkinan, dan kemungkinan besar begitu kontraktor akan bertindak secara oportunistik untuk memanfaatkan celah yang ada dalam perjanjian tertulis, sehingga menciptakan masalah dan meningkatkan biaya. Jika aset yang dikontrak sangat tinggi terspesialisasi..

b)      Pertumbuhan Horizontal, Perusahaan dapat mencapai pertumbuhan horizontal dengan memperluas operasinya ke lokasi geografis lain dan / atau dengan meningkatkan jangkauan produk dan layanan yang ditawarkan pasar saat ini. Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang tumbuh secara horizontal dengan memperluas mereka lini produk memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi. Pertumbuhan horizontal menghasilkan horizontal Integrasi.

Pertumbuhan horizontal dapat dicapai melalui perkembangan internal atau melalui eksternal akuisisi dan aliansi strategis dengan perusahaan lain di industri yang sama. Misalnya Delta Airlines mengakuisisi Northwest Airlines pada tahun 2008 untuk mendapatkan akses ke pasar Asia Northwest dan pasar Amerika yang saat itu tidak dilayani Delta. Sebaliknya, banyak perusahaan kecil maskapai muter terlibat dalam kontrak jangka panjang dengan maskapai besar untuk menawarkan yang lengkap pengaturan untuk pelancong. Misalnya, maskapai penerbangan regional Mesa Airlines mengatur kontrak perjanjian tual dengan United Airlines, US Airways, dan America West akan dicantumkan di mereka reservasi komputer, masing-masing, seperti United Express, US Airways Express, dan America West Express. Pertumbuhan horizontal semakin dicapai di dunia saat ini melalui internasional ekspansi. Wal-Mart Amerika, Carrefour Prancis, dan Tesco Inggris adalah contoh narantai diskon supermarket nasional berkembang secara horizontal ke seluruh dunia. Jenis pertumbuhan dapat dicapai secara internasional melalui berbagai strategi


2)      Diversifikasi, Menurut ahli strategi Richard Rumelt, perusahaan mulai memikirkan diversifikasi ketika pertumbuhan mereka tidak berubah dan peluang untuk bertumbuh dalam bisnis asli telah berkurang. selesai.37 Hal ini sering terjadi ketika sebuah industri berkonsolidasi, menjadi matang, dan sebagian besar perusahaan yang bertahan telah mencapai batas pertumbuhan dengan menggunakan strategi pertumbuhan vertikal dan horizontal. gies. Kecuali jika pesaing mampu melakukan ekspansi internasional ke pasar yang kurang matang, mereka mungkin tidak punya pilihan selain melakukan diversifikasi ke industri yang berbeda jika mereka ingin terus berkembang. Dua strategi diversifikasi dasar adalah konsentris dan konglomerat.

a)      Diversifikasi Konsentris (Terkait), Diversifikasi Konsentris (Terkait). Pertumbuhan melalui diversifikasi konsentris menjadi a industri terkait mungkin menjadi strategi perusahaan yang sangat tepat ketika sebuah perusahaan memiliki kekuatan posisi kompetitif tetapi daya tarik industri rendah.

Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan berhasil dengan pindah ke bisnis terkait adalah a fungsi posisi perusahaan dalam bisnis intinya. Untuk perusahaan dalam posisi kepemimpinan, peluang untuk sukses hampir tiga kali lebih tinggi dari pada pengikut.38 Dengan berfokus pada karakteristik yang telah memberi perusahaan kompetensi yang berbeda, perusahaan menggunakan itu sangat kuat sebagai sarana diversifikasi. Perusahaan mencoba untuk mengamankan kecocokan strategis yang baru industri tempat pengetahuan produk perusahaan, kapabilitas manufaktur, dan pemasarannya Keterampilan yang digunakan secara efektif di industri awal dapat dimanfaatkan dengan baik. Korporasi produk atau proses terkait dalam beberapa cara: mereka memiliki beberapa kesamaan..

b)      Konglomerat, Ketika manajemen menyadari bahwa saat ini industri tidak menarik dan bahwa perusahaan tidak memiliki kemampuan atau keterampilan luar biasa yang dapat dengan mudah dilakukan transfer ke produk atau layanan terkait di industri lain, strategi yang paling mungkin adalah diversifikasi konglomerat — melakukan diversifikasi menjadi industri yang tidak terkait dengan industri saat ini. Daripada mempertahankan benang merah di seluruh organisasi mereka, manajer strategis yang mengadopsi strategi ini terutama berkaitan dengan pertimbangan keuangan atau arus kas pengurangan resiko. Ini juga merupakan strategi yang baik untuk perusahaan yang mampu mentransfer keunggulannya sendiri sistem manajemen menjadi perusahaan yang diakuisisi dengan pengelolaan yang kurang baik. General Electric dan Berkshire Hathaway adalah contoh perusahaan yang telah menggunakan diversifikasi konglomerat untuk tumbuh berhasil. Dikelola oleh Warren Buffet, Berkshire Hathaway memiliki minat dalam furnitur ritel, silet, maskapai penerbangan, kertas, penyiaran, minuman ringan, dan penerbitan. Penekanan dalam diversifikasi konglomerat adalah pada investasi yang sehat dan berorientasi pada nilai manajemen daripada pada sinergi pasar produk yang umum untuk diversifikasi konsentristion. Sebuah perusahaan yang kaya akan uang dengan sedikit kesempatan untuk tumbuh dalam industrinya mungkin, misalnya, ple, pindahlah ke industri lain di mana peluangnya besar tetapi uang tunai sulit ditemukan.


b.      Strategi Stabilitas, Stabilitas strategi perusahaan dapat sesuai untuk perusahaan yang sukses beroperasi di lingkungan yang dapat diprediksi secara wajar. Strategi stabilitas bisa sangat berguna dalam jangka pendek, tetapi bisa berbahaya jika diikuti untuk waktu yang lama. Beberapa yang lebih populer dari strategi ini adalah jeda / lanjutkan dengan hati-hati, tanpa perubahan, dan strategi laba.

1)      Strategi tanpa perubahan, merupakan keputusan untuk melakukan apa-apa baru pilihan untuk melanjutkan opera saat ini dan kebijakan untuk masa mendatang. Jarang diartikulasikan sebagai strategi pasti, Keberhasilan strategi perubahan tergantung pada kurangnya perubahan signifikan dalam situasi perusahaan. Stabilitas relatif yang diciptakan oleh posisi kompetitif perusahaan yang sederhana dalam menghadapi industri sedikit atau tidak ada pertumbuhan yang mendorong perusahaan untuk melanjutkan perjalanannya saat ini, hanya menghasilkan penyesuaian kecil untuk inflasi dalam tujuan penjualan dan laba. Tidak ada peluang yang jelas nada atau ancaman, juga tidak ada banyak kekuatan atau kelemahan yang signifikan. Beberapa agpesaing baru yang agresif cenderung memasuki industri seperti itu.

2)      Strategi keuntungan, merupakan keputusan untuk melakukan sesuatu yang baru dalam situasi memburuk melainkan untuk bertindak. Strategi keuntungan adalah upaya untuk mengartifikasi secara resmi mendukung keuntungan ketika penjualan perusahaan menurun dengan mengurangi investasi dan pengeluaran diskresioner jangka. Daripada mengumumkan posisi buruk perusahaan kepada pemegang saham dan komunitas investasi pada umumnya, manajemen puncak mungkin tergoda untuk mengikuti rendah strategi yang sangat menggoda ini. Menyalahkan masalah perusahaan pada lingkungan yang tidak bersahabat (seperti kebijakan anti-bisnis pemerintah, pesaing tidak etis, pelanggan yang rewel, dan / atau pemberi pinjaman yang rakus),


3)      manajemen menunda investasi dan / atau memotong biaya (seperti R&D, pemeliharaan keuangan, dan periklanan) untuk menstabilkan keuntungan selama periode ini. Bahkan mungkin menjual salah satu produknya saluran produk untuk keuntungan arus kas.

c.       Strategi Penghematan, Strategi ini memberikan banyak tekanan untuk meningkatkan kinerja. Upaya untuk menghilangkan kelemahan yang menyeret perusahaan ke bawah, manajemen mungkin ikuti salah satu dari beberapa strategi penghematan, yaitu sebagai berikut:

1)      Strategi Perubahan  Haluan, Strategi turnaround menekankan pada peningkatan efisiensi operasional dan mungkin paling tepat ketika masalah korporasi menyebar luas tetapi belum kritis. Dua fase dasar dari strategi turnaround adalah kontraksi dan konsolidasi.

2)      Strategi Captive Company, memungkinkan korporasi bisa mengurangi cakupan beberapa aktivitas fungsionalnya, seperti pemasaran, sehingga secara signifikan mengurangi biaya.

3)      Strategi Divestasi, Strategi ini masuk akal jika manajemen masih dapat memperoleh  harga yang baik untuk pemegang saham dan karyawan dapat mempertahankan pekerjaan mereka dengan menjual seluruh perusahaannya ke perusahaan lain. Harapannya adalah perusahaan lain akan memiliki sumber daya yang diperlukan dan tekad untuk mengembalikan perusahaan ke profitabilitas.

4)      Strategi Kebangkrutan / Likuidasi,  Karena tidak ada yang tertarik untuk membeli perusahaan yang lemah dalam industri yang tidak menarik, perusahaan harus mengejar strategi kebangkrutan atau likuidasi. Kebangkrutan berarti menyerah manajemen perusahaan ke pengadilan dengan imbalan beberapa penyelesaian kewajiban gerbang. Manajemen puncak berharap begitu pengadilan memutuskan klaim atas perusahaan tersebut, maka perusahaan akan menjadi lebih kuat dan lebih mampu bersaing dalam industri yang lebih menarik.


3.      Analisis Portfolio

BCG Growth-Share Matrix

Menggunakan BCG (Boston Consulting Group) Growth-Share Matrix yang digambarkan pada Gambar 7–3 adalah cara paling sederhana untuk menggambarkan portofolio investasi perusahaan. Setiap lini produk atau unit bisnis perusahaan diplot pada matriks sesuai dengan tingkat pertumbuhan industri di mana perusahaan bersaing dan pangsa pasar relatifnya. Posisi kompetitif relatif suatu unit didefinisikan sebagai pangsa pasarnya di industri dibagi dengan pesaing terbesar lainnya.

Dengan perhitungan ini, pangsa pasar relatif di atas 1,0 menjadi milik pemimpin pasar. Laju pertumbuhan bisnis adalah persentase pertumbuhan pasar, yaitu persentase peningkatan penjualan suatu klasifikasi unit bisnis produk tertentu. Matriks ini mengasumsikan bahwa, jika hal lain dianggap sama, pasar yang berkembang itu menarik.

Garis yang memisahkan area posisi kompetitif relatif tinggi dan rendah ditetapkan 1,5 kali. Lini produk atau unit bisnis harus memiliki kekuatan relatif sebesar ini untuk memastikan bahwa ia akan memiliki posisi dominan yang dibutuhkan untuk menjadi "bintang" atau "sapi perah". Di sisi lain, lini produk atau unit yang memiliki posisi kompetitif relatif kurang dari 1,0 memiliki status “anjing”. Setiap produk atau unit diwakili dalam Gambar 7–3 oleh sebuah lingkaran. Area lingkaran mewakili signifikansi relatif setiap unit bisnis atau lini produk bagi korporasi dalam hal aset yang digunakan atau penjualan yang dihasilkan.

GAMBAR

 

 

 

 


BCG Growth-Share Matrix memiliki banyak kesamaan dengan siklus hidup produk. Saat suatu produk bergerak melalui siklus hidupnya, itu dikategorikan menjadi salah satu dari empat jenis untuk tujuan keputusan pendanaan:

o   Tanda tanya- produk baru dengan potensi sukses tetapi membutuhkan banyak uang untuk pengembangan

o   Bintang- pemimpin pasar di puncak siklus produk mereka dan mampu menghasilkan cukup uang untuk mempertahankan pangsa pasar mereka yang tinggi dan biasanya berkontribusi pada keuntungan perusahaan

o   Sapi perah- produk yang menghasilkan lebih banyak uang daripada yang dibutuhkan untuk mempertahankan pangsa pasar mereka

o   Dogs- produk dengan pangsa pasar rendah dan tidak berpotensi menghasilkan banyak uang

 

GE Business Screen

General Electric, dengan bantuan firma konsultan McKinsey & Company, mengembangkan matriks yang lebih rumit. Seperti yang digambarkan pada Gambar 7–4, Layar Bisnis GE mencakup sembilan sel berdasarkan daya tarik industri jangka panjang dan posisi kompetitif kekuatan bisnis. Layar GE Business, berbeda dengan BCG Growth-Share Matrix, mencakup lebih banyak lagi

GAMBAR

 

 

 


Data dalam dua faktor utamanya, bukan hanya tingkat pertumbuhan bisnis dan pangsa pasar yang sebanding. Misalnya, di GE, daya tarik industri mencakup tingkat pertumbuhan pasar, profitabilitas industri, ukuran, dan praktik penetapan harga, di antara kemungkinan peluang dan ancaman lainnya. Kekuatan bisnis atau posisi kompetitif mencakup pangsa pasar serta posisi teknologi, profitabilitas, dan ukuran, di antara kemungkinan kekuatan dan kelemahan lainnya. Lini produk atau unit bisnis individu diidentifikasi dengan surat dan diplot sebagai lingkaran pada Layar GE Business. Luas setiap lingkaran sebanding dengan ukuran industri dalam hal penjualan. Irisan pai di dalam lingkaran menggambarkan pangsa pasar dari lini produk atau unit bisnis.

Analisis portofolio biasanya digunakan dalam perumusan strategi karena menawarkan kepastian keuntungan yaitu:

a.       Ini mendorong manajemen puncak untuk mengevaluasi setiap individu bisnis korporasi-sekutu dan untuk menetapkan tujuan dan mengalokasikan sumber daya untuk masing-masing.

b.      Ini merangsang penggunaan data yang berorientasi eksternal untuk melengkapi penilaian manajemen.

c.       Ini menimbulkan masalah ketersediaan arus kas untuk digunakan dalam ekspansi dan pertumbuhan.

d.      Penggambaran grafisnya memfasilitasi komunikasi.

Namun, analisis portofolio memiliki beberapa keterbatasan yang sangat nyata yang menyebabkan beberapa perusahaan untuk mengurangi penggunaan pendekatan ini:

a.       Mendefinisikan produk / segmen pasar itu sulit.

b.      Ini menyarankan penggunaan strategi standar yang dapat kehilangan peluang atau tidak praktis.

c.       Ini memberikan ilusi ketelitian ilmiah ketika dalam posisi realitas didasarkan pada penilaian subjektif.

d.      Istilah-istilahnya yang sarat nilainya seperti sapi perah dan anjing dapat mengarah pada ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya.

e.       Tidak selalu jelas apa yang membuat suatu industri menarik atau di mana suatu produk berada dalam siklus hidupnya.

f.        Mengikuti resep model portofolio secara naif sebenarnya dapat mengurangi korporasi.

 


Sebuah studi terhadap 25 perusahaan Eropa terkemuka menemukan empat tugas manajemen multi-aliansi yang diperlukan untuk manajemen portofolio aliansi yang sukses:

a.        Mengembangkan dan menerapkan strategi portfolio untuk setiap unit bisnis dan kebijakan perusahaan untuk mengelola seluruh aliansi di seluruh perusahaan: Aliansi terutama ditentukan oleh unit bisnis. Tingkat perusahaan mengembangkan aturan umum tentang kapan, bagaimana, dan dengan siapa bekerja sama. Tugas kebijakan aliansi adalah untuk secara strategis menyelaraskan semua aktivitas aliansi perusahaan dengan strategi perusahaan dan nilai-nilai perusahaan. Setiap aliansi baru dengan demikian diperiksa terhadap kebijakan perusahaan sebelum disetujui.

b.      Memantau portofolio aliansi dalam hal penerapan strategi unit bisnis serta strategi dan kebijakan perusahaan: Setiap aliansi diukur dalam hal pencapaian tujuan (misalnya, pangsa pasar), ukuran keuangan (misalnya, keuntungan dan arus kas), kualitas sumber daya yang disumbangkan dan kuantitas, dan keseluruhan hubungan. Semakin suatu perusahaann.


c.       Mengkoordinasikan portofolio untuk mendapatkan sinergi dan menghindari konflik antar aliansi: Karena interdependensi antar aliansi dalam satu unit bisnis biasanya lebih besar daripada antar bisnis yang berbeda, kebutuhan akan koordinasi lebih besar pada level bisnis dari pada di tingkat perusahaan. Kebutuhan akan koordinasi meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah aliansi dalam satu unit bisnis dan perusahaan secara keseluruhan, rata-rata jumlah partner per aliansi meningkat, dan / atau tumpang tindih aliansi meningkat.

d.      Membentuk sistem manajemen aliansi untuk mendukung tugas-tugas lain dari manajemen multi-aliansi: Infrastruktur ini terdiri dari proses formal, perangkat standar, dan unit organisasi khusus.


 

4.      Strategi Parenting

Corporate parenting atau pengasuhan perusahaan memandang korporasi dalam hal sumber daya dan kapasitas. Ketidakmampuan suatu perusahaan yang dapat digunakan untuk membangun nilai unit bisnis sekaligus menghasilkan sinergi lintas unit bisnis. Menurut Campbell, Goold, dan Alexander Perusahaan multibisnis menciptakan nilai dengan memengaruhi atau mengasuh bisnis mereka sendiri. Perusahaan induk terbaik menciptakan nilai lebih dari pesaing mereka jika mereka memiliki bisnis yang sama.

Menurut Campbell, Goold, dan Alexander merekomendasikan agar pencarian strategi perusahaan yang sesuai egy melibatkan tiga Langkah analitis :

a.        Memeriksa setiap unit bisnis (atau perusahaan target dalam kasus akuisisi) dalam hubungannya dengan faktor strategis. Orang-orang di unit bisnis mengidentifikasi faktor strategis saat mereka membuat strategi bisnis untuk unit mereka. Salah satu pendekatan populer adalah dengan membangun pusat-pusat keunggulan di seluruh perusahaan. Menurut Frost, Birkinshaw, dan Ensign, pusat keunggulan adalah “unit organisasi yang mewujudkan sekumpulan kapabilitas yang secara eksplisit diakui oleh perusahaan sebagai sumber nilai yang penting ciptaan, dengan maksud agar kemampuan ini dimanfaatkan oleh dan / atau disebarluaskan bagian lain dari perusahaan.

b.       Menguji setiap unit bisnis (atau perusahaan target) dalam kaitannya dengan bidang di mana kinerjanya dapat ditingkatkan : Pengujian ini dianggap sebagai salah satu peluang mengasuh anak bisnis. Misalnya, dua unit bisnis mungkin dapat memperoleh ruang lingkup ekonomi dengan menggabungkan tenaga penjualan mereka. Dalam contoh lain, sebuah unit mungkin memiliki manufaktur dan logistik yang bagus,  tetapi tidak bagus keterampilan. Perusahaan induk yang memiliki keahlian kelas dunia di bidang ini dapat meningkatkannya kinerja unit. Perusahaan induk juga dapat mentransfer beberapa orang dari satu bisnis unit ness yang memiliki keterampilan yang diinginkan ke unit lain yang membutuhkan keterampilan tersebut.


c.       Menganalisis seberapa cocok perusahaan induk dengan unit bisnis (atau perusahaan target) : Kantor pusat perusahaan harus menyadari kekuatan dan kelemahannya sendiri dalam hal sumber, keterampilan, dan kemampuan. Perusahaan induk harus memastikan apakah karakteristik sudah sesuai dengan parenting opportunity di setiap unit bisnis. Itu juga harus dipastikan apakah ada ketidaksesuaian antara karakteristik orang tua dan kesuksesan kritis faktor dari setiap unit bisnis.

STRATEGI HORISONTAL DAN PERSAINGAN MULTIPOINT

Strategi horizontal adalah strategi perusahaan yang luka di unit usaha batasbatas untuk membangun sinergi antar unit bisnis dan untuk meningkatkan posisi kompetitif satu atau lebih bisnis unit. Jika digunakan untuk membangun sinergi, ini bertindak seperti strategi parenting. Saat digunakan untuk meningkatkan posisi kompetitif dari satu atau lebih unit bisnis, dapat dianggap sebagai persaingan perusahaan strategi itive.

Dalam persaingan multipoin, perusahaan multi-bisnis besar bersaing perusahaan multi-bisnis besar lainnya di sejumlah pasar. Pesaing multipoin ini adalah perusahaan yang saling bersaing tidak hanya dalam satu unit bisnis, tetapi juga di sejumlah bisnis unit. Pada saat tertentu, pesaing kaya uang dapat memilih untuk membangun pangsa pasarnya sendiri di pasar tertentu sehingga merugikan unit bisnis perusahaan lain. Meskipun masing-masing unit bisnis memiliki tanggung jawab utama untuk strategi bisnisnya sendiri, terkadang mungkin diperlukan beberapa bantuan dari perusahaan induknya, terutama jika unit bisnis pesaing semakin berat dukungan finansial dari perusahaan induknya. Dalam hal ini, kantor pusat perusahaan mengembangkan strategi horizontal untuk mengkoordinasikan berbagai tujuan dan strategi unit bisnis terkait.

5.      Memasuki Negara Asing

Penelitian menunjukkan bahwa tumbuh secara internasional berhubungan positif dengan profitabilitas perusahaan.. Beberapa opsi terpopuler untuk masuk internasional adalah sebagai berikut:

a.       Mengekspor

Cara yang baik untuk meminimalkan risiko dan bereksperimen dengan produk tertentu adalah mengekspor , mengirimkan barang yang diproduksi di negara asal perusahaan ke negara lain untuk pemasaran. Perusahaan dapat memilih untuk menangani semua fungsi kritis itu sendiri, atau dapat traktir fungsi-fungsi ini ke perusahaan manajemen ekspor. Mengekspor menjadi semakin populer untuk bisnis kecil karena Internet, mesin faks, nomor bebas pulsa, dan layanan ekspres semalam, yang mengurangi biaya internasional yang dulu sangat besar.

b.      Perizinan (Licensing)

Berdasarkan perjanjian lisensi , perusahaan pemberi lisensi memberikan hak kepada perusahaan lain di negara tuan rumah untuk memproduksi dan / atau menjual produk. Penerima lisensi membayar kompensasi kepada perusahaan perizinan dengan imbalan keahlian teknis. Ini adalah strategi yang sangat berguna jika merek dagang atau nama merek sudah terkenal, tetapi perusahaan tidak memiliki cukup dana untuk membiayai masuk ke negara itu secara langsung. Anheuser-Busch menggunakan strategi ini untuk memproduksi dan memasarkan bir Budweiser di Inggris, Jepang, Israel, Australia, Korea, dan Filipina. Strategi ini juga penting jika negara tersebut masuk melalui investasi entah sulit atau tidak mungkin.

c.       Waralaba (Franchising)

Berdasarkan perjanjian waralaba , pemilik waralaba memberikan hak kepada perusahaan lain untuk membuka toko retail menggunakan nama pemilik waralaba dan sistem operasi. Sebagai gantinya, penerima waralaba membayar pemilik waralaba sekian persen dari penjualannya sebagai royalti. Franchising memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk membangun kehadiran di negara-negara di mana populasi atau pengeluaran per kapita tidak cukup untuk upaya ekspansi besar-besaran. Franchising menyumbang 40% dari total penjualan ritel AS. Hampir setengah dari pemilik waralaba AS, seperti Yum! Merek, waralaba internasional.

d.      Joint Ventures

Membentuk usaha patungan antara perusahaan asing dan domestik perusahaan adalah strategi paling populer yang digunakan untuk memasuki negara baru. Perusahaan sering terbentuk usaha patungan untuk menggabungkan sumber daya dan keahlian yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk baru atau teknologi. Perusahaan patungan mungkin merupakan asosiasi antara perusahaan dan firma di negara tuan rumah atau badan pemerintah di negara itu. Metode cepat untuk mendapatkan lokal manajemen, itu juga mengurangi risiko pengambilalihan dan pelecehan oleh pejabat negara tuan rumah. Usaha bersama juga dapat memungkinkan perusahaan untuk memasuki negara yang membatasi kepemilikan asing. Korporasi dapat memasuki negara lain dengan lebih sedikit aset yang dipertaruhkan dan dengan demikian lebih rendah risiko. Di bawah hukum India, misalnya, pengecer asing diijinkan untuk memiliki tidak lebih dari 51% toko yang menjual produk bermerek tunggal, atau menjual kepada orang lain secara grosir. Ini dan pembatasan lainnya menghalangi raksasa supermarket Tesco dan Carrefour untuk memasuki India. Hasilnya, 97% ritel India terdiri dari toko-toko kecil yang dikelola keluarga. ingin sekali memasuki India, manajemen Wal-Mart membentuk kerjasama kemitraan yang setara pada tahun 2007 dengan Bharti Enterprises untuk memulai operasi grosir. Dengan nama Bharti-Mart, perusahaan baru tersebut berencana membuka selusin toko ritel kecil pada tahun 2015.

e.       Akuisisi

Cara yang relatif cepat untuk pindah ke wilayah internasional adalah melalui akuisisitions— membeli perusahaan lain yang sudah beroperasi di area itu. Manfaat sinergis bisa berhasil jika perusahaan mengakuisisi perusahaan dengan lini produk pelengkap yang kuat dan jaringan distribusi yang baik. Misalnya, InBev Belgia membeli Anheuser-Busch pada tahun 2008 sebesar $ 52 miliar untuk mendapatkan posisi yang kokoh di pasar bir Amerika Utara yang menguntungkan. Sebelum akuisisi, InBev hanya memiliki sedikit kehadiran di AS, tetapi yang kuat di Eropa dan Amerika Latin, di mana Anheuser-Busch lemah. Penelitian menunjukkan bahwa anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya lebih berhasil dalam usaha internasional daripada aliansi strategis, seperti usaha patungan. Inilah salah satu alasan mengapa perusahaan yang lebih berpengalaman di pasar internasional mengambil posisi kepemilikan yang lebih tinggi ketika melakukan investasi asing. Akuisisi lintas batas sekarang mencakup 19% dari semua akuisisi di Amerika Serikat — naik dari hanya 6% pada tahun 1985. Namun, di beberapa negara, akuisisi bisa sulit untuk diatur karena kurangnya informasi yang tersedia tentang calon potensial. Pembatasan pemerintah atas kepemilikan, seperti persyaratan A.S. yang membatasi kepemilikan asing atas maskapai penerbangan A.S. hingga 49% nonvoting dan 25% saham pemungutan suara, juga dapat mencegah akuisisi.

f.        Green-Field Development

Jika sebuah perusahaan tidak ingin membeli masalah perusahaan lain beserta asetnya, ia dapat memilih pengembangan lapangan hijau dan membangun pabrik manufaktur dan sistem distribusinya sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki teknologi tingkat tinggi, pengalaman multinasional, dan lini produk yang beragam lebih memilih pengembangan lapangan hijau daripada akuisisi. Ini biasanya merupakan operasi yang jauh lebih rumit dan mahal daripada akuisisi, tetapi ini memungkinkan perusahaan lebih bebas dalam merancang pabrik, memilih pemasok, dan mempekerjakan tenaga kerja. Misalnya, Nissan, Honda, dan Toyota membangun pabrik mobil di daerah pedesaan di Inggris Raya dan kemudian mempekerjakan tenaga kerja muda yang tidak berpengalaman di industri tersebut. BMW melakukan hal yang sama ketika membangun pabrik mobilnya di Spartanburg, Carolina Selatan, untuk membuat mobil sport Z3 dan Z4.

g.      Production Sharing

Diciptakan oleh Peter Drucker, istilah bagi hasil berarti proses menggabungkan keterampilan tenaga kerja yang lebih tinggi dan teknologi yang tersedia di negara maju dengan tenaga kerja berbiaya rendah yang tersedia di negara berkembang. Sering disebut outsourcing, salah satu contohnya adalah Maytag memindahkan sebagian produksi refrigerasinya ke pabrik baru Reynosa, Meksiko, untuk mengurangi biaya tenaga kerja. Banyak perusahaan telah memindahkan pemrosesan data, pemrograman, dan aktivitas layanan pelanggan "lepas pantai" ke Irlandia, India, Barbados, Jamaika, Filipina, dan Singapura, di mana upah lebih rendah, bahasa Inggris digunakan, dan telekomunikasi tersedia. Karena jumlah karyawan layanan teknologi di India tumbuh menjadi 15% dari total karyawan layanan teknologi IBM pada tahun 2007, perusahaan telah mampu menghilangkan 20.000 pekerjaan di lokasi berbiaya tinggi di AS, Eropa, dan Jepang.

h.      Operasi Turnkey

Operasi turnkey (Operasi Penjaga Pintu) biasanya kontrak untuk pembangunan fasilitas operasi dengan imbalan biaya. Fasilitas ditransfer ke negara atau perusahaan tuan rumah ketika sudah selesai. Pelanggan biasanya adalah lembaga pemerintah, misalnya, negara Timur Tengah yang telah menetapkan bahwa produk tertentu harus diproduksi secara lokal dan di bawah kendalinya. Misalnya, Fiat membangun pabrik mobil di Tagliatti, Rusia, untuk Uni Soviet pada akhir 1960-an untuk memproduksi model lama Fiat dengan nama merek Lada. MNC yang melakukan operasi turnkey seringkali merupakan produsen peralatan industri yang memasok beberapa peralatan mereka sendiri untuk proyek tersebut dan yang biasanya menjual suku cadang pengganti dan layanan pemeliharaan ke negara tuan rumah. Dengan demikian, mereka menciptakan pelanggan serta pesaing masa depan. Menariknya, pada tahun 2008 Renault membeli 25% saham di pabrik Tagliatti yang sama yang dibangun oleh Fiat untuk membantu pembuat mobil Rusia memodernisasi, menggunakan Logan berbiaya rendah dari Renault sebagai basis untuk model Lada baru pabrik.

i.        Konsep BOT

Konsep BOT (Build, Operate, Transfer) adalah variasi dari operasi turnkey. Alih-alih menyerahkan fasilitas (biasanya pembangkit listrik atau jalan tol) ke negara tuan rumah ketika selesai, perusahaan mengoperasikan fasilitas untuk jangka waktu tertentu di mana ia mendapatkan kembali investasinya ditambah keuntungan. Kemudian menyerahkan fasilitas tersebut kepada pemerintah dengan sedikit atau tanpa biaya kepada negara tuan rumah.

j.        Kontrak Manajemen

Sebuah perusahaan besar yang beroperasi di seluruh dunia kemungkinan besar memiliki sejumlah besar bakat manajemen. Kontrak manajemen menawarkan cara di mana perusahaan dapat menggunakan beberapa personelnya untuk membantu perusahaan di negara tuan rumah dengan biaya dan periode waktu tertentu. Kontrak manajemen biasa terjadi ketika pemerintah tuan rumah mengambil alih sebagian atau seluruh kepemilikan perusahaan milik asing di negaranya. Kontrak tersebut memungkinkan perusahaan untuk terus memperoleh pendapatan dari investasinya dan menjaga operasi tetap berjalan sampai manajemen lokal dilatih.




BAB III

PENUTUP

1.      Simpulan

Strategi perusahaan yang paling utama yaitu tentang pilihan arah untuk perusahaan secara keseluruhan. Hal itu berhubungan dengan tiga masalah utama yang dihadapi perusahaan: (1) orientasi keseluruhan perusahaan pertumbuhan, stabilitas, atau penghematan; (2) industri atau pasar tempat perusahaan bersaing melalui produk dan unit bisnisnya; dan (3) cara di mana koordinasi manajemen aktivitas nates dan transfer sumber daya dan menumbuhkan kemampuan di antara lini produk dan unit bisnis. Masalah-masalah ini ditangani melalui berbagai strategi. Diantaranya strategi arah, analisis portofolio dan pengasuhan perusahaan.

Manajer harus terus-menerus memeriksa seluruh portofolio produk perusahaan mereka, bisnis kebutuhan, dan peluang seolah-olah mereka berencana untuk menginvestasikan kembali semua modalnya. Sama seperti lini produk / unit bisnis yang membentuk portofolio investasi yang harus dimiliki oleh manajemen puncak terus-menerus untuk memastikan pengembalian terbaik atas uang yang diinvestasikan perusahaan, strategi hutang juga dapat dilihat sebagai portofolio investasi uang, waktu, dan energi. Cara perusahaan mengelola hubungan yang saling terkait ini dapat memengaruhi secara signifikan daya saing perusahaan. Aliansi dengan demikian diakui sebagai sumber persaingan yang penting. tive keuntungan dan kinerja yang unggul. Akan tetapi analisi portofolio cenderung melihat hal-hal secara finansial, kembali menjadikan unit bisnis dan lini produk sebagai investasi terpisah dan mandiri. Sedangkan Parenting korporat atau pengasuhan perusahaan memandang korporasi dalam hal sumber daya dan kapasitas. pabilities yang dapat digunakan untuk membangun nilai unit bisnis sekaligus menghasilkan sinergi lintas unit bisnis. Pengasuhan perusahaan menghasilkan strategi perusahaan dengan berfokus pada kompetensi intiperusahaan induk dan nilai yang dibuat dari hubungan antara induk dan bisnisnya.

Salah satu contoh adalah Cummins, Inc. pada tahun 2003 ketika manajemen memutuskan untuk berinvestasi besar-besaran dalam pembangkit tenaga listrik perusahaan. bisnis erasi. Manajemen menyadari pada saat itu selera global akan kekuasaan tumbuh jauh lebih cepat dari pada yang bisa disediakan oleh jaringan listrik lokal, terutama di negara berkembang yang tumbuh cepat negara. Sayangnya, pembangkit listrik adalah satu-satunya dari empat unit bisnis Cummins kehilangan uang. Tom Linebarger, CFO Cummins, mengambil alih unit pembangkit listrik, menghentikannya biaya, dan mengatur ulang divisi di sekitar lini produk daripada wilayah. Selanjutnya empat tahun, penjualan generator listrik perusahaan, mulai dari portabel untuk RV hingga rumahukuran mesin untuk pabrik, lebih dari tiga kali lipat menjadi $ 3 miliar — 20% dari total perusahaan penjualan. Cummins meraih posisi kedua, di belakang Caterpillar, di mar- generator listrik global. ket. Manajemen memutuskan untuk tumbuh secara horizontal dengan membangun tanaman di Cina dan India dan membuat menggunakan generator rumah kecil untuk dijual melalui merchandiser massal.

 

2.      Saran

Manajemen puncak harus dapat menyusun strategi perusahaan dalam jangka Panjang dengan baik, agar nantinya perusahaan dapat siap untuk memasuki dan menjalankan bisnisnya di era globalisasi dan bersaing dengan perusahaan lainnya.

Minggu, 19 Maret 2023

Sistem Informasi AKuntansi dan Indikator SIA

 

2.1.1        Sistem Informasi Akuntansi

2.1.1.1  Definisi Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) merupakan sistem dengan tujuan untuk mengumpulkan dan memproses data serta melaporkan informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan (Anastasia dan Lilis , 2011). Menurut Mulyadi (2016)  sistem informasi akuntansi merupakan suatu sistem yang memproses transaksi berupa formulir, catatan, dan dokumen keuangan yang diolah menjadi informasi keuangan yang akurat sehingga berguna  bagi manajemen perusahaan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan. Sedangkan menurut Azhar (2017) mendefinisikan bahwa sistem informasi akuntansi merupakan kumpulan sub sistem atau komponen baik fisik maupun non-fisik yang saling berhubungan dan bekerja satu sama lain untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan. Lebih lanjut menurut Romney dan Steinbart (2019) sistem informasi akuntansi merupakan sistem yang berfungsi untuk mengumpulkan, mencatat, menyimpan dan memproses data akuntansi dan lainnya untuk menghasilkan informasi bagi pembuat keputusan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi merupakan kumpulan sub sistem yang saling berhubungan, serta berfungsi untuk mengumpulkan, mencatat, menyimpan, memproses data akuntansi dan data lainnya untuk menghasilkan informasi yang akurat  guna pengambilan keputusan usaha.

2.1.1.1  Tujuan dan Fungsi Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi merupakan bagian terpenting bagi manajemen perusahaan yang digunakan dalam kegiatan operasionalnya untuk menghasilkan informasi keuangan guna pengambilan keputusan usaha (Kurnia dan Arni, 2020). Menurut Kusumaningdiah dkk., (2018) tujuan dan fungsi sistem informasi akuntansi ialah untuk menghasilkan laporan keuangan yang berguna bagi pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan.

Menurut Faiz dkk. (2020) tujuan sistem informasi akuntansi adalah:

1.    mendukung kegiatan operasi sehari-hari;

2.    mendukung dalam pengambilan keputusan;

3.    memenuhi kewajiban yang berkaitan dengan pertanggungjawaban;

4.    mengurangi ketidakpastian.

Menurut Kusumaningdiah dkk., (2018) sistem informasi  akuntansi memiliki fungsi penting bagi keberlangsungan usaha, adapun fungsi penting yang dibentuk untuk mencapai tujuan dalam suatu organisasi yaitu:

1.    sebagai tempat mengumpulkan dan menyimpan data mengenai kegiatan dan transaksi;

2.    mengolah data menjadi informasi berupa laporan keuangan;

3.    melakukan kontrol terhadap asset organisasi.

2.1.1.2  Manfaat Sistem Informasi Akuntansi

Menurut Romney dan Steinbart (2019) sistem informasi akuntansi yang dirancang dengan baik dalam suatu entitas dapat menambah nilai untuk entitas berupa:

1.    meningkatkan kualitas serta  mengurangi biaya produk atau jasa, seperti SIA dapat memantau mesin sehingga operator akan diberitahu secepatnya ketika kinerja berada di luar batas kualitas yang diperoleh, hal tersebut akan membantu menjaga kualitas produk, mengurangi limbah serta meminimalkan biaya;

2.    meningkatkan efisiensi, seperti dengan menghasilkan informasi yang tepat waktu memungkinkan pembuatan pendekatan manufaktur just-in-time, karena pendekatan tersebut dibutuhkannya informasi yang konstan, akurat dan terbaru mengenai persediaan bahan baku;


3.    berbagi pengetahuan, dengan berbagi pengetahuan dan keahlian akan memajukan operasi dan memberikan keunggulan kompetitif, seperti kantor akuntan publik memanfaatkan sistem informasi dalam praktiknya dan untuk menunjang komunikasi antar kantor sehingga karyawan dapat melacak database perusahaan guna identifikasi untuk memberikan bantuan pada klien tertentu;

4.    meningkatkan efisiensi dan efektifitas rantai pasokannya, seperti membolehkan pelanggan untuk mengakses persediaan secara langsung, serta sistem entri penjualan yang dapat mengurangi penjualan dan biaya pemasaran untuk meningkatkan retensi pelanggan;

5.    meningkatkan struktur pengendalian internal, dengan struktur pengendalian yang sesuai akan melindungi sistem dari kecurangan, kesalahan, kegagalan sistem dan bencana;

6.    meningkatkan pengambilan keputusan, seperti menghasilkan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga mempermudah dalam proses pengambilan keputusan.

Lebih lanjut menurut Dedi dan Firza (2014) penggunaan sistem informasi akuntansi ini memiliki beberapa keunggulan yaitu:

1.    proses dalam pengolahan data yang cepat;.

2.    tingkat akurasi informasi yang tinggi;

3.    efisiensi sumberdaya manusia;

4.    kemudahan dalam akses informasi.

3.1.2.2  Komponen Sistem Informasi Akuntanasi

Menurut Azhar (2017) komponen sistem informasi akuntansi terdiri dari:

1.    hardware, merupakan peralatan fisik yang berguna untuk mengumpulkan, memasukan, memproses, menyimpan dan menghasilkan informasi;

2.    software, merupakan kumpulan program-program yang digunakan untuk menjalankan suatu aplikasi pada komputer, sedangkan program merupakan kumpulan dari perintah-perintah komputer yang tersusun dengan sistematis, software ini dapat berupa sistem ataupun aplikasi yang digunakan untuk mengolah data pada komputer;

3.    brainware, ialah Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam menggunakan sistem mulai dari pengumpulan informasi, pengolahan data, pendistribusian dan pemanfaatan informasi yang dihasilkan dari sistem informasi tersebut;

4.    prosedur, merupakan mekanisme yang digunakan untuk mengumpulkan, memproses dan menyimpan data atau rangkaian aktivitas yang dilakukan secara berulang dengan cara yang sama;

5.    database, adalah kumpulan data-data yang tersimpan dalam media penyimpanan yang dihasilkan dari data keuangan baik dari internal, eksternal ataupun konseptual yang berupa angka, huruf atau apapun;

6.    jaringan komunikasi, merupakan alat untuk mengirimkan data dari satu lokasi ke lokasi lain guna meminimalkan waktu dan ruang.

Sabtu, 11 Maret 2023

Laporan Arus Kas Definisi, Komponen, Jenis Arus Kas dan Kekurangan Arus Kas Metode Tidak Langsung

Laporan Arus Kas Metode langsung

Laporan Arus Kas Metode langsung adalah metode pembuatan Laporan Arus Kas di mana informasi arus kas aktual (basis kas) – alih-alih informasi akrual– dari komponen Arus Kas dari Aktivitas Operasional perusahaan digunakan.

Laporan Arus Kas yang disajikan dengan menggunakan Metode Langsung mudah dibaca karena laporannya mencantumkan semua penerimaan dan pembayaran kas kepada objek tertentu selama periode berjalan. Dengan kata lain, Laporan Arus Kas Metode Langsung mencantumkan dari dan kepada siapa Arus Kas masuk dan keluar berasal.

Setelah semua sumber Arus Kas tercatat, total pembayaran kemudian dikurangkan dari penerimaan kas untuk menghitung Arus Kas bersih dari Aktivitas Operasi. Kemudian total nilai bersih Arus Kas dari Kegiatan Investasi dan Pendanaan juga ditambahkan untuk mendapatkan nilai kenaikan atau penurunan Kas Bersih.

Perbedaan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung

Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung menghitung pergerakan Arus Kas dari Aktivitas Operasional dengan menggunakan informasi akuntansi akrual dan selalu dimulai dengan nilai Laba Bersih. Laba bersih kemudian disesuaikan dari perubahan dalam akun aset dan kewajiban di Laporan Neraca. Perbedaan tersebut yang akan menambah atau mengurangi nilai Laba Bersih untuk mendapatkan nilai Arus Kas dari Aktivitas Operasional.


Sedangkan untuk Metode Langsung, satu-satunya bagian dari Laporan Arus Kas yang terlihat berbeda dalam penyajiannya adalah pada bagian Arus Kas dari Aktivitas Operasional. Metode Langsung hanya mencantumkan total penerimaan kas dan pembayaran yang dilakukan selama periode operasional berjalan. 

 

Unsur Umum dalam Komponen Laporan Arus Kas Metode Langsung

Berikut daftar jenis penerimaan kas dan pembayaran yang paling umum digunakan dalam format Metode Langsung:

·         Penerimaan Kas dari Pelanggan

·         Pembayaran/Pembelian kepada Pemasok

·         Pembayaran kepada Karyawan (Gaji Karyawan)

·         Pembayaran bunga dan pajak

·         Pembayarn Kas dari Pembelian Aset Tetap

·         Penerimaan Kas dari Penerbitan Saham

·         Dan lainnya

Seperti yang Anda lihat, daftar pembayaran dan penerimaan tersebut memberi pengguna Laporan Keuangan cukup informasi mengenai dari mana saja sumber penerimaan dan kepada siapa pembayaran dilakukan. Ini adalah salah satu keunggulan utama dari Metode Langsung dibandingkan dengan metode Tidak Langsung.

Investor, kreditor, dan manajemen dapat benar-benar melihat dari mana perusahaan mengumpulkan dana dan kepada siapa perusahaan itu membayar dana. Sayangnya, metode tidak langsung tidak mencantumkan detail informasi tersebut.

Kekurangan dari Penggunaan Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung


Masalah dari penggunaan Metode Langsung adalah pembuatannya yang sulit dan cukup memakan waktu. Tidak semua perusahaan ataupun bisnis mencatat dan menyimpan setiap informasi transaksi dari pelanggan dan kepada pemasok secara mendetail. Peristiwa bisnis biasa dicatat di Laporan Laba Rugi dan Neraca seperti jumlah Penjualan, Persediaan, Aset, dan Inventaris lainnya. Sangat melelahkan bagi sebagian besar perusahaan untuk mengumpulkan dan mengompilasi detail informasi tersebut dengan metode ini.

 

Tingkat kesulitan dan waktu yang diperlukan untuk mencatat semua jenis pengeluaran dan penerimaan kas menjadikan Metode Tidak Langsung sebagai metode yang lebih disukai dan lebih umum digunakan. Karena sekarang ini banyak perusahaan menggunakan metode akuntansi akrual untuk menyiapkan Laporan Keuangannya. Perusahaan yang mempraktikkan akuntansi akrual biasanya tidak mengumpulkan dan menyimpan informasi transaksi tiap pelanggan atau pemasok.

Komponen Pada Arus Kas Metode Langsung

Komponen Laporan Arus Kas dibagi menjadi tiga bagian utama dan digunakan baik di Metode Langsung maupun Tidak Langsung. Tiga bagian tersebut adalah: Arus Kas dari Aktivitas Operasional, Aktivitas Investasi, dan Aktivitas Pendanaan.

1. Arus Kas dari Aktivitas Operasional

Komponen ini meliputi transaksi dari seluruh aktivitas operasional bisnis. Dengan kata lain, bagian aktivitas operasional mewakili uang kas yang dikumpulkan dari kegiatan yang menghasilkan pendapatan utama dari bisnis – seperti penjualan produk dan pendapatan jasa. Arus Kas dari Kegiatan Operasional bersifat jangka pendek dan hanya memengaruhi pada periode berjalan.

Misalnya, pembayaran/pembelian persediaan termasuk kegiatan operasional karena berkaitan dengan aktivitas operasional utama perusahaan dan berlaku pada periode berjalan. Sederhananya, Arus Kas dari Aktivitas Operasional dihitung dengan menyesuaikan nilai Laba Bersih dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada akun Aset dan Liabilitas Lancar.

2. Arus Kas dari Aktivitas Investasi

Komponen in terdiri dari Arus Kas Masuk dan Keluar yang berkaitan dengan penjualan dan pembelian Aset jangka panjang. Dengan kata lain, bagian investasi dari komponen ini merepresentasikan uang kas yang dikumpulkan oleh perusahaan dari penjualan Aset jangka panjang atau jumlah uang yang dihabiskan untuk membeli Aset jangka panjang baru.

Unsur yang terdapat dalam komponen ini hanyalah bentuk Investasi yang bersifat jangka panjang dan diperkirakan akan digunakan lebih dari satu periode akuntansi. Arus Kas dari Aktivitas Investasi dihitung dengan menjumlahkan perubahan-perubahan yang terjadi di dalam akun Aset Tetap.

3. Arus Kas dari Aktivitas Pendanaan

Komponen ini terdiri dari transaksi tunai yang mempengaruhi akun Liabilitas Jangka Panjang dan Ekuitas. Dengan kata lain, komponen pembiayaan pada Laporan Arus Kas mewakili jumlah uang tunai yang dikumpulkan dari menerbitkan saham atau mengambil pinjaman dan jumlah uang tunai yang digunakan untuk membayar dividen dan utang jangka panjang.

 

kita dapat menganggap kegiatan pendanaan sebagai cara perusahaan mendanai operasinya baik melalui utang jangka panjang atau pembiayaan ekuitas. Arus kas pembiayaan dihitung dengan menambah atau mengurangi terkait perubahan-perubahan yang terjadi di dalam semua akun Liabilitas dan Ekuitas jangka panjang.

Minggu, 05 Maret 2023

Pemahaman Akuntansi dan Manfaat Akuntansi dalam UMKM

 

2.1.1      Pemahaman Akuntansi

2.1.1.1  Definisi Pemahaman Akuntansi

Pemahaman berasal dari kata paham yang mempunyai arti pandai atau mengerti benar, sedangkan pemahaman merupakan proses, perbuatan memahami atau memahamkan. Orang yang memiliki pemahaman akuntansi adalah orang yang pandai dan mengerti benar mengenai akuntansi (Wayan dan Sri, 2020).

Akuntansi merupakan proses pencatatan, pengelompokan, pengikhtisaran, serta pelaporan transaksi keuangan suatu entitas (Ganjar, 2012). Menurut American Accounting Asociation (AAA) dalam Irmah dan Nurfadila (2019) menyatakan bahwa akuntansi ialah suatu proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi terkait ekonomi untuk penilaian-penilaian keputusan yang jelas dan tegas bagi pengguna informasi. Sedangkan menurut American Institute of Certified Public Accounting (AICPA) dalam Sri (2020) akuntansi merupakan seni pencatatan, pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter dari transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian yang bersifat keuangan beserta menafsirkan hasil-hasilnya. Akuntansi merupakan suatu proses pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran mengenai transaksi keuangan yang disusun dengan sistematis dan kronologis serta disajikan dalam bentuk laporan keuangan yang berguna bagi pihak yang berkaitan guna pengambilan keputusan (Eddy dan Sunarno, 2021).


Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman akuntansi merupakan pandai dan mengerti benar mengenai proses akuntansi mulai dari pencatatan, pengklasifikasian, pengikhtisaran, pelaporan transaksi terkait keuangan usaha menjadi laporan keuangan serta menafsirkan hasil-hasilnya.

2.1.1.2  Tujuan dan Fungsi Akuntansi

Tujuan akuntansi ialah untuk menyediakan informasi keuangan yang berguna bagi para pemegang saham (shareholder) dan para pihak yang berkepentingan (Stakeholder) (Irmah dan Nurfadila, 2019). Sedangkan menurut Kurnia dan Arni (2020) tujuan akuntansi diantaranya ialah:

1.    Tujuan Akuntansi Secara Umum

a.    menyediakan informasi mengenai keuangan, baik itu assets maupun equity dan liability;

b.    menyediakan informasi keuangan usaha untuk membantu dalam pembuatan estimasi keuntungan perusahaan;

c.    menyediakan informasi terkait perubahan sumber ekonomi perusahaan baik itu assets maupun equity dan liability;

d.    memberikan informasi lain mengenai laporan keuangan untuk membantu pengguna laporan tersebut.

2.    Tujuan Akuntansi Secara Khusus

Secara khusus tujuan akuntansi yaitu untuk memberikan informasi berupa laporan keuangan yang memuat posisi keuangan, kinerja usaha dan perubahan posisi keuanagan.

Menurut Kurnia dan Arni akuntansi sangat dibutuhkan dalam usaha karena memiliki fungsi sebagai berikut:

1.    recording report, fungsi utama akuntansi yaitu merekam catatan transaksi dengan sistematis dan kronologis. Rekam catatan ini berguna untuk mengetahui laba rugi usaha selama periode akuntansi;

2.    melindungi property dan asset, fungsi ini untuk menghitung jumlah penyusutan asset sebenarnya dengan menggunakan metode yang tepat dan berlaku untuk asset tertentu;

3.    mengomunikasikan hasil, untuk mengkomunikasikan hasil dan transaksi yang dicatat ke semua pengguna informasi akuntansi;

4.    mengklasifikasikan, yaitu untuk memudahkan dalam pengelompokan jenis transaksi dengan analisis sistematis dari semua data yang tercatat;

5.    membuat ringkasan, penyajian laporan keuangan yang dapat berguna bagi pengguna;

6.    analisis dan menafsirkan, penilaian mengenai kondisi keuangan dan profitabilitas usaha sehingga dapat melakukan analisis untuk mempersiapkan rencana di masa mendatang.

2.1.1.3  Manfaat Akuntansi Dalam UMKM

Akuntansi sangat dibutuhkan oleh UMKM, selama UMKM masih menggunakan uang sebagai alat tukarnya (Eliada dkk., 2020). Menurut Ganjar (2012) proses akuntansi tentu bermanfaat bagi kelangsungan usaha, adapun manfaat akuntansi bagi UMKM sebagai berikut:

 

1.    Memperlancar kegiatan usaha

Dengan menggunakan akuntansi, segala kegiatan usaha tentu tercatat dengan jelas, rapi serta sesuai dengan kronologis keadaan tiap transaksi. Entitas dapat mengetahui arus masuk dan keluar uang maupun barang beserta nominal ataupun jumlahnya, serta mengetahui keuntungan setiap periode akuntansi.

2.    Bahan evaluasi kinerja perusahaan

Dengan informasi akuntansi yang disajikan, entitas dapat melakukan evaluasi kinerjanya, seperti pencapaian sasaran penjualan, bagaimana efisiensi pengeluaran biaya, dan target dalam pencapaian laba usaha. Dari informasi tersebut, entitas dapat membuat rencana yang akan dilakukan berhubungan dengan keadaan keuangan sehingga entitas dapat terus maju dan berkembang.

3.    Melakukan perencanaan yang efektif

Dari informasi akuntansi tersebut, manajemen perusahaan bisa menjalankan strategi yang disusun untuk mencapai target laba yang telah ditentukan. Strategi tersebut dapat dijalankan dengan efektif jika informasi akuntansi yang dihasilkan baik dan akurat. Hal tersebut dapat dicapai dengan melaksanakan pembukuan transaksi usaha yang sesuai dengan kaidah akuntansi.

4.    Meyakinkan pihak di luar perusahaan

Akan ada masanya suatu entitas untuk berhubungan dengan pihak luar, seperti pemerintah, calon investor dan lembaga keuangan. Lebih lanjut apabila usaha semakin berkembang, entitas perlu tambahan modal, seperti modal dari program bantuan pemerintah, pengajuan proposal usaha pada investor ataupun pengajuan kredit pada lembaga keuangan. Dalam proses penambahan modal, entitas dapat meyakinkan pihak tersebut dengan menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan kaidah akuntansi yang sesuai standar dan dapat dipahami oleh pihak lain.  Dengan penggunaan akuntansi yang sesuai standar akuntansi keuangan perusahaan dapat mempertanggungjawabkan segala kegiatan usahanya