Senin, 03 April 2023

Contoh Laporan Arus Kas Metode Langsung

 

Contoh Laporan Arus Kas Metode Langsung

Berikut adalah contoh Laporan Arus Kas Metode Langsung yang bisa Anda dapatkan dari software akuntansi Jurnal.

 


Baik Metode Langung maupun Tidak Langsung memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Di samping itu, Anda tentu sangat membutuhkan Laporan Arus Kas yang merupakan salah satu dari komponen Laporan Keuangan untuk kebutuhan analisa dan evaluasi kinerja bisnis. Untuk mempermudah Anda dalam membuat Laporan Keuangan secara cepat dan mudah, Anda membutuhkan bantuan dari Software Akuntansi.

 

alah satunya adalah Jurnal, Software Akuntansi Online nomor satu di Indonesia yang sudah banyak digunakan oleh berbagai bentuk usaha atau bisnis. Dengan Jurnal, Laporan Keuangan seperti Laporan Arus KasLaporan Laba Rugi, dan Laporan lainnya dikelola secara otomatis dan Anda bisa melihatnya secara Real-Time kapanpun di manapun. Bahkan seluruh data-data bisnis Anda tersimpan dengan aman di cloud yang sudah disediakan oleh Jurnal.

 

Laporan arus kas memiliki pengaruh yang sangat penting bagi bisnis Anda. Sebagai pelaku bisnis Anda harus memahami arus kas, bukan hanya seorang akuntan saja. Maka, mempelajari arus kas adalah penting untuk semua pelaku bisnis. Dengan adanya laporan arus kas, Anda akan mengetahui kondisi perusahaan Anda dalam kondisi untung atau rugi. Biasanya laporan arus kas ini berisi mengenai pemasukan dan pengeluaran kas perusahaan dalam periode tertentu. Sebelum Anda mengetahui cara pembuatan laporan arus kas, Anda perlu paham hal-hal apa saja yang ada pada arus kas.

Apa itu Arus Kas atau Cash Flow?

Arus kas atau cash flow adalah sebuah perincian yang menunjukkan jumlah pemasukan dan pengeluaran dalam suatu periode tertentu. Arus kas dalam keuangan bisnis dan keluarga memiliki sedikit perbedaan. Jika keuangan keluarga arus kas yang dimaksud adalah cash basis. Sedangkan, dalam keuangan bisnis terdapat cash basis dan accural basis. Laporan arus kas biasanya meliputi jumlah kas yang diterima. Contohnya seperti investasi tunai dan pendapatan tunai, dan jumlah kas yang dikeluarkan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar